STUDI PERKUATAN JEMBATAN RANGKA TIPE K DENGAN PEMANFAATAN KABEL PRATEGANG EKSTERNAL

Authors

  • Jack Widjajakusuma Universitas Pelita Harapan
  • Kevin Wibowo Universitas Pelita Harapan
  • Aazokhi Waruwu Universitas Pelita Harapan
  • Joshua Sondakh Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v3i3.120

Keywords:

frekuensi alami, perkuatan jembatan, kabel prategang eksternal, jembatan tipe K

Abstract

Banyak jembatan rangka di Indonesia yang telah berfungsi selama lebih dari lima puluh tahun, mengalami kerusakan akibat usia yang semakin tua dan bertambahnya volume kendaraan. Agar dapat menghindari terjadinya kegagalan pada struktur, rehabilitasi atau peningkatan kapasitas jembatan adalah hal yang sangat penting. Salah satu metode yang efisien dan ekonomis untuk tujuan ini adalah penerapan kabel prategang eksternal, yang dapat diatur dalam konfigurasi lurus, segitiga, atau trapesium. Artikel ini menganalisis pengaturan terbaik untuk memperbesar kapasitas jembatan tipe K satu bentang dengan panjang 48 m dan tinggi 9 m. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan kabel jembatan tipe K adalah yang paling efisien, dengan penggunaan kabel prategang berbentuk trapesium dengan tinggi tendon antara 1,2 m hingga 2 m. Sementara perkuatan dengan tendon garis lurus tidak efektif untuk merehabilitasi jembatan tipe K yang telah mengalami penurunan kapasitas beban yang signifikan sebesar 50%.

Published

2025-11-30

How to Cite

Jack Widjajakusuma, Wibowo, K., Waruwu, A., & Sondakh, J. (2025). STUDI PERKUATAN JEMBATAN RANGKA TIPE K DENGAN PEMANFAATAN KABEL PRATEGANG EKSTERNAL. Konferensi Nasional Teknik Sipil, 3(3), 573–579. https://doi.org/10.62603/konteks.v3i3.120

Issue

Section

Transportasi